April 18, 2013

Hari Gini, Nyontek?

Another unproductive day.

Hari ini seharusnya UTS matkul Paper Presentation jam tiga sore. Udah mandi (akhir-akhir ini gue jadi rajin mandi, loh), pake baju rapi, dateng ujan-ujanan dan mati-matian melawan rasa males, eh..... begitu nyampe kampus, dosennya entah kenapa membatalkan UTS itu. Huft banget. Sayang banget bajunya. Besok gue pake lagi lah......
Dan gue baru saja menghadiri acara evaluasi Makrab Sasing'12. Waktu dibilang anak-anak dekor gak ada di tempat waktu siap-siap beberapa jam sebelum acara karena ada kelas di bawah jam dua belas, awalnya gue mau protes, karena kayaknya gue bolos kelas di bawah jam dua belas. Eh... gue lupa, kalo pada hari itu, gue bolos bukan karena siap-siap, tapi karena gue baru bangun tidur jam setengah satu siang. Dan langsung ada kelas jam satunya.. Aku khilaf. :")

Btw selamat ya adik-adik kelas tiga SMA yang hari ini selesai menempuh Ujian Nasional. Gimana? Gampang, kan? Ngerjain sendiri tanpa nyontek juga 'kecil', kan? Sekarang libur deh lo tiga bulan... (iri) Semoga lulus ya, adik-adik. Dan buat yang mau melanjutkan studi ke Unpad, gue tunggu ya. :-D

Di post kali ini, gue mau ngebahas tentang 'nyontek'.

Sumber: DISINI.

'Menyontek adalah kecurangan yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan cara yang tidak halal.' demikian satu dari banyak pengertian tentang 'menyontek' yang gue dapatkan dari KajianPustaka.com. Selain itu, ada juga yang bilang 'Menyontek adalah pembodohan'. Gue setuju. Menyontek adalah bibit kebodohan.

Dan gue baru aja nemu draf yang gue bikin pada tanggal 18 April 2012. Yak. Tepat setahun yang lalu! Begini isinya:


Halo

Hari ini hari ketiga Ujian Nasional. Sisanya tinggal besok, pelajaran Geografi dan Sosiologi.

Dan puji Tuhan semesta alam, sampai detik ini gue gak nyontek sama sekali. Ye! Emang harusnya gini kan. Prinsip gue, nilai ujian itu nilai dunia, tapi kejujuran itu nilai di akhirat nanti. Jadi, buat apa nyontek biar nilai di dunia ini bagus, padahal nyontek sendiri itu menjelekkan nilai di akhirat. Serem, kan? Makanya, jangan nyontek.


Kalo boleh jujur, gue gak terlalu suka sama orang yang hobi nyontek. Apalagi orang yang berserah sepenuhnya bukan ke Tuhan, tapi ke contekan. Idih. Ya, gue tau, Ujian Nasional itu emang penting, menentukan lulus atau tidak lulus. Tapi bukan berarti melegalkan kegiatan contek-menyontek, kan?


Dan yang lebih menyedihkan adalah, guru yang mendorong anak didiknya untuk nyontek. Namanya disamarkan menjadi Mawar. Nah, jelang UN, Bu Mawar datang ke kelas lalu berkata dengan kata-kata yang mendukung kegiatan contek-menyontek, gue lupa seperti apa yang jelasnya. Gue gak nyangka banget ada guru yang membenarkan kegiatan salah semacam menyontek. Sejak saat itu gue jadi gak punya respect lagi sedikitpun sama dia. Nah! Manusia seperti Bu Mawar inilah yang harus direhabilitasi pola pikirnya kalo mau Indonesia bebas ‘hama’. Nyontek itu korupsi kecil-kecilan. Dan kita tau peribahasa, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Awalnya mungkin korupsi dengan menyontek. Nanti? Korupsi duit rakyat. Amit-amit..


Gue bukannya mau temen seangkatan gue ada yang gak lulus. Tapi, kenapa harus nyontek? Tiga tahun di SMA masa sih gak ada ilmu yang nyangkut di otak? Dan, kalo orang kayak gue aja (yang gak ikut bimbel, jarang PM, sering gak ikut pelajaran, dan lainnya) bisa ngerjain ujian tanpa nyontek, kenapa kalian enggak? 

Gue mau kita lulus bareng-bareng, tapi pake cara jujur. Mungkin jalan pikiran ini kolot, tapi kalo kita berkomitmen untuk tidak melakukan dosa, Tuhan pasti bantu kita, kok. Dan gue yakin, Tuhan gak akan mempermalukan umatNya yang berada pada jalanNya. Amin?


TIDAK untuk nyontek!

Oh ya, jika di luar sana ada guru-guru lain yang berpola pikir seperti Bu Mawar, semoga segera dipulihkan Tuhan.

Hahaha. Jadi pengen balik ke masa itu lagi, deh. Agak heran juga, soalnya tepat tanggal segitu gue besoknya masih UN, tapi sempet aja bikin draf ginian di laptop. Bukannya belajar.... Tapi mending gini sih, daripada malem-malem nyiapin contekan. Cupu abis, gak punya nyali buat percaya sama kemampuan diri sendiri. Hahaha, kasian, jadi iba.. :") (Bukannya jahat, gue cuma ngerasa orang yang nyontek itu pantes kok buat dikatain. Apakah ada yang ngerasa jalan pikiran gue ini salah? Silakan dibenerin deh kalo gitu..)

Kalo ada yang tersinggung sama post ini, saran gue: Tobat gih! Gue juga pernah kok ngerasain nyontek. Gak enak, dihantui perasaan bersalah, dan nilai sempurnapun gak bikin gue bangga. Tapi itu dulu banget dan (puji Tuhan) cuma sebentar. Sekarang gue udah tobat. Kalo kalian (yang masih nyontek sampe sekarang), kapan tobatnya? :-)

Kalo quote-nya Catatan Akhir Sekolah, bunyinya kayak gini: (well, gak berlaku sih buat orang yang nyonteknya nyalin punya orang.)
Saya gak pernah nyontek. Soalnya nyontek itu gak efektif. Ketika kamu buat contekan, otomatis kamu juga ngapal. Jadi ngapain nyontek
 Hari gini, nyontek?

2 comments:

  1. keren ya bisa tahan ga nyontek saat ujian
    godaannya berat
    kadang saya mesti duduk paling depan biar ga ada godaan buat nyontek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf balesnya lama banget.
      Bisa tahan gak nyontek sebenernya caranya cuma satu: belajar yang bener. Awalnya mungkin susah, tapi lama-lama pasti jadi gampang.
      Salut buat kamu yang sampe duduk paling depan biar gak nyontek. Lama-lama pasti gak tergoda sama sekali, kok. Semangat!

      Delete