September 15, 2012

Fakultas Ilmu Budaya


Belum lama ini gue melihat sebuah tweet di timeline twitter gue. Tweet tersebut adalah curahan hati seorang gadis mengenai dia dan perkuliahannya. Satu kalimat yang gue baca; ‘... Kalo masuk sastra juga nggak apa-apa deh.’ Kurang lebih demikian. (Gue retweet kok, bisa Anda baca, cari aja di profil twitter gue, @epitak. Pokoknya tidak lebih lama dari bulan Juli.)

Apakah pertanyaan ‘lulusan sastra mau jadi apa’ muncul di benak Anda? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, ada banyak orang yang juga mempertanyakan hal itu. Dan lebih-lebih jangan khawatir lagi, gue tidak marah, kok. Gue sendiri adalah seorang mahasiswa di jurusan sastra, tepatnya Sastra Inggris.


Cewek-masuk-sastra-juga-nggak-apa-apa itu (setelah gue retweet dengan ramah), berkata; ‘... Kan emang itu jurusan pelarian ya, kak?’ Ya, kurang lebih seperti itu. Pelarian? Maksudnya buangan, mungkin? Kenapa harus dijadikan sebuah pelarian? Sebuah buangan? Buat para calon mahasiswa yang menjadikan sastra sebagai pelarian, let me tell you something. Sastra itu tidak mudah. Bener, deh. Baru seminggu kuliah, gue udah ditugaskan membaca 3 buah karya tulis berbahasa Inggris. I love reading...........Indonesian stories. Susah banget rasanya buat gue untuk menyukai membaca cerita-cerita berbahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, sejujurnya gue hanya menyukai grammar dan spelling. Comprehension, or somehow, literature, adalah hal terberatnya. Serius deh, sekali lagi, sastra itu tidak mudah. Kalo dari awal hati lo ada di jurusan lain, terus lo terbuang di sastra? Lo bakal menjalani kuliah sastra dengan setengah hati (padahal susah! Ini bener-bener harus sepenuh hati), kemudian lo bakal terbuang dari jurusan yang lo jadikan buangan. Pasti sakit tuh. Intinya, yang lo butuhkan adalah keinginan dari hati, hati yang bergembira akan membuat semua jadi mudah, kok. #tsahh

Kembali ke pertanyaan ‘lulusan sastra mau jadi apa’. Gue rasa, sekarang bahasa merupakan ilmu yang bisa diterapkan di banyak sekali bidang. Di Unpad sendiri(gue kurang tau kalo di universitas lain), nama Fakultas Sastra sudah diganti menjadi Fakultas Ilmu Budaya pada tahun ini. Gelar sarjananya, S.Hum(Sarjana Humaniora), sudah bukan S.S lagi, setau gue, sih. Di sini, FIB terbagi menjadi 9 jurusan; Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Rusia, Sastra Arab, Sastra Sunda, dan Ilmu Sejarah. Dan di sini juga, mahasiswa tidak hanya diberikan pengetahuan tentang sastra, tapi juga tambahan kompetensi berupa Diplomatik, Pariwisata, Wirausaha, dan Budaya. Jadi, lulusan FIB bisa kerja dalam keempat bidang itu juga. Ini sih, yang gue tau di Unpad. Khusus sastra Inggris, nanti di semester sekian(gue belum tau tepatnya), akan dibagi ke 3 major; Linguistics, Literature, dan/atau Translation. Kedengerannya keren-keren, ya?

Buat kalian yang takut dan/atau ngeri sama ospek mahasiswa yang kejam, masuklah ke FIB Unpad! Ospek mahasiswa biasanya dibagi tiga; ospek universitas, fakultas, dan jurusan. Ospek universitas, sih, kakak-kakaknya banyak yang pura-pura ngebentak. Tapi cuma sehari! Dan gak akan dimacem-macemin, gak pake atribut-atributan. Ospek fakultas, kalo untuk FIB sendiri, tidak ada senioritas, dikerjain, dimarahin, disuruh ini-itu. Di hari ospek fakultas, fakultas lain sih, teriak-teriak nyuruh maba-maba(mahasiswa baru) baris. Kalo FIB? Kita disambut dong, "Wilujeng sumping, selamat datang di Fakultas Ilmu Budaya...", plus senyuman para akang-tetehnya. Sampe akhir acara ospek fakultas(sekitar seminggu), gak pernah ada tuh, senior yang marah-marah. Nah, kalo ospek jurusan sih, jurusan gue(Sastra Inggris), seniornya asik semua, gaul-gaul. Dibandingkan jurusan-jurusan lain di FIB, Sastra Inggris ospek jurusannya paling nyantai, Bro.~

Oh iya. Kalo kalian mau masuk sini, jangan harap kalian bakal jadi ‘anak Bandung’, ya. Karena program sarjana FIB ada di kampus Unpad Jatinangor, bukan kampus Dipati Ukur atau kampus Dago. Jujur, gue ketipu. Kalo ada orang yang sering menganggap Depok itu di Jakarta, demikian pula hubungan Jatinangor dengan Bandung. Tapi, jangan khawatir. Kalo mau ke Bandung, lo hanya perlu naik bus Damri, dengan ongkos Rp. 5.000,- saja, lo bisa ngegaul ke Bandung, kok. FYI di Jatinangor tidak ada Starbucks, J.Co, Sushi Tei, Zara, dan lain-lain. Tapi ada gue. Lo pasti bahagia.

Gue udah ngelantur? Oke. Semoga post ini bisa memberikan pencerahan pada seluruh calon mahasiswa. See you in next post!

11 comments:

  1. lho bukannya kampus pascasarjana itu di dago ya??
    hehe..
    gw baru masukk d s2 ilmu sastra..salam kenall okray

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Henda, salam kenal juga :-D
      Kebetulan saya mahasiswa program sarjana, mungkin harus saya ralat sedikit post-nya. Terima kasih ya :-)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mungkin sastra dikira semacam les bahasa aja :)
      Aku lagi semester tujuh pengutamaan penerjemahan sekarang, kamu Sasing Unpad juga?

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Marselina ViaseJuly 03, 2016 11:33 pm

    Kak... sasing unpad pelajarannya dan dosennya gimana ya? Aku maba sasing unpad 2016 kak hehehe ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Marselina!
      Dosen-dosennya baik, kok. Tapi banyak yang mood-nya sering berubah-ubah dan yang bikin bete adalah kalo sang dosen mindah-mindahin jadwal (curhat?). Anw, selamat datang di Sasing Unpad! :)

      Delete
  5. Wah nemu satu almamater. Saya dulu pengutamaan Sastra, ngerjain skripsinya ngabisin satu semester sendiri. Dulu pengen buru-buru lulus, tapi sekarang kangen kampus!

    ReplyDelete
  6. Kak, boleh minta kontak yg bisa dihubungi? Email atau fb? Mau konsul2 kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi there, please take a look at "Author" page. :)

      Delete